Blog sederhana tentang tips bermanfaat dan wawasan penunjang pengetahuan

BERBAGAI KHASIAT JAHE BAGI KESEHATAN

Jahe adalah bumbu masakan yang biasa ditemukan di dapur masyarakat Indonesia. Jahe dapat tumbuh subur di daerah tropis. Kandungan minyak atsiri pada jahe membuat jahe juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal yang mujarab. Berbagai ramuan obat tradisional menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Ramuan obat herbal dari bahan jahe sudah ada sejak nenek moyang kita. Mereka telah membuktikan khasiat jahe bagi kesehatan yang ternyata memang cukup ampuh. Dengan menggunakan ramuan herbal, kita dapat mengurangi masuknya zat kimia ke dalam tubuh yang jika berlebihan akan menimbulkan efek samping yang merugikan.

khasiat jahe bagi kesehatan

Karena memiliki banyak manfaat, tanaman jahe kini banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Ada beberapa jenis jahe yang biasa dibudidayakan antara lain jahe merah, jahe kuning, jahe putih dan jahe gajah. Penggunaan jahe sebagai berbagai jenis obat maupun masakan telah meluas di kalangan masyarakat. Karena tingginya minat masyarakat dalam mengkonsumsi jahe, bahkan sudah banyak industri yang memanfaatkan jahe sebagai produk andalan mereka, seperti minuman rasa jahe, makanan dengan rasa jahe dan sebagainya. Jahe gajah paling banyak diminati kalangan industri. Khasiat jahe memang telah terbukti ampuh untuk berbagai keperluan.

Secara umum, masyarakat telah memanfaatkan jahe sebagai salah satu bumbu penyedap dalam berbagai masakan. Selain itu, jahe juga sangat lezat dijadikan minuman hangat. Wedang jahe, minuman hangat yang terbuat dari ramuan jahe dan gula merah ini sangat digemari karena rasanya yang khas, manis, pedas dan hangat di badan. Tak heran khasiat jahe bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah serta meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan dalam wedang jahe ini juga dapat menghilangkan stress karena aromanya yang membuat tenang.

Simak Juga : Manfaat buah pisang yang selama ini tidak diketahui

Saat terkena masuk angin, Anda juga bisa memanfaatkan jahe ini. Sebagai obat masuk angin, Anda dapat merebus jahe dan kemudian air rebusannya ditambah dengan madu. Minum dua kali sehari sampai masuk angin Anda hilang. Ramuan jahe tersebut juga dapat menghilangkan rasa capek dan pegal-pegal di tubuh anda. Caranya jahe direbus bersama kayu manis sampai mendidih, kemudian airnya diminum selagi hangat. Capek-capek Anda pun akan segera hilang dengan khasiat jahe ini. Atau jika Anda sering mabuk perjalanan, mengkonsumsi jahe atau permen jahe dapat membantu meredakan mabuk perjalanan anda.

Berbagai khasiat jahe tersebut dapat diperoleh dengan mudah. Tanaman jahe sangat mudah sekali ditemukan di sekitar kita. Jika tidak bisa mendapatkan secara langsung, tinggal pergi ke pasar dan membelinya, karena harganya sangat terjangkau. Atau kalau ingin lebih praktis, Anda bisa membeli produk-produk jahe bubuk yang sudah banyak dipasarkan. Anda tinggal memakainya sesuai dengan kebutuhan. Jahe memang memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : BERBAGAI KHASIAT JAHE BAGI KESEHATAN

0 komentar:

Posting Komentar